Langsung ke konten utama

Mencari Akar Pangkat 3 dari Sebuah Bilangan

Cara Mencari Akar Pangkat 3


Sebelum kita belajar mengenai Akar bilangan pangkat tiga, tentunya harus terlebih dahulu  mengenal (seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, halah…..) tentang bilangan berpangkat tiga. Apa sebenarnya definisi dari Bilangan Berpangkat itu sendiri, Bilangan Berpangkat merupakan perkalian berulang dari bilangan tersebut, hal itu juga berlaku di bilangan berpangkat tiga. Jadi Bilangan Berpangkat Tiga adalah Perkalian dari bilangan itu sebanyak tiga kali.

Untuk lebih memperjelasnya admin mencoba untuk memberikan contoh:
23 artinya ada faktor 2 sebanyak tiga kali atau dalam bentuk kalimat matematikanya 2 X 2 X 2 = 8
33 artinya ada faktor 3 sebanyak tiga kali atau dalam bentuk kalimat matematikanya 3 X 3 X 3 = 27
Arti dari 23  = 8, dan dibaca Pangkat tiga dari 2 sama dengan 8. Angka delapan adalah hasil dari perpangkatan tiga yang lazim disebut juga bilangan Kubik. Jadi 3 adalah akar pangkat tiga dari 27.

Dalam menentukan nilai akar bilangan pangkat tiga, ada beberapa cara yang dapat digunakan:

Cara Pertama Menggunakan Faktorisasi Prima
Buatlah pohon faktor dari bilangan yang akan kita tentukan akar pangkat tiganya. Misalnya kita akan mencari akar pangkat 3 dari bilangan 64. Buatlah pohon faktornya dulu
image
Setelah itu tentukan Faktorisasi Prima dari bilangan tersebut.
64 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2
Kelompokkan menjadi tiga kelompok perkalian yang sama.
64 = (2 x 2) x (2 x 2) x (2 x 2)
Tulis dalam bentuk bilangan pangkat tiga.
64 = (2 x 2)= 43
Jadi akar pangkat tiga dari 64 adalah 43


Cara Kedua : Menggunakan Perkiraan

Cara pendekatan ini hanya dapat digunakan untuk akar pangkat tiga sempurna dan di bawah 1.000.000. Sebelum menggunakan cara pendekatan tabel untuk menarik akar pangkat tiga suatu bilangan, maka siswa dapat membuat tabel pangkat tiga dari bilangan 1 sampai dengan 9. Sekarang mari kita perhatikan pola nilai satuan bilangan kubik (lihat warna pada kotak tabelnya) hasil pangkat tiga suatu bilangan berikut.

Akar pangkat tiga dari suatu bilangan yang terdiri atas empat hingga enam digit angka dapat ditentukan dengan cara perkiraan berikut.
Contoh 1 : Akar pangkat 3 dari bilangan dari 4.096 = ...
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Menentukan nilai puluhan bilangan yang dicari
    
Tutuplah tiga angka dari belakang maka angka yang tersisa adalah angka yang digunakan (angka 4) untuk mencari nilai pertama akar tiganya. Nilai akar pangkat tiga dari 4 yang mendekati adalah 1 (karena 1 X 1 X 1 = 1). Jika 2, maka 2 pangkat 3 (karena 2 X 2 X 2 = 8) sudah melebihi 4. Jadi nilai puluhannya adalah 1.


2. Menentukan nilai satuan bilangan yang dicari.
Perhatikan nilai satuan bilangan kubik pada soal, 4.096 , satuannya adalah 6. sekarang kita ingat kembali tabel pola nilai satuan bilangan kubik di atas (bisa juga lihat gambar disamping yang sudah saya sediakan). Nilai satuannya sama dengan hasil akar pangkat tiga bilangan kubiknya (sama-sama 6) sehingga nilai satuan yang kita cari adalah 6


Jadi akar pangkat 3 dari 4.096 adalah = 16.


SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sofware Gratis Untuk Kompresi Gambar - Gunakan FILEminimizer Picture

Jika kita mempunyai koleksi gambar atau foto yang sangat banyak, ukuran file yang terlalu besar mungkin bisa menjadi masalah. Selain memenuhi hardisk, jika kita sering upload gambar ke internet, ukuran gambar yang terlalu besar bisa menyebakan upload gambar dan loading sangat lambat. FILEminimizer Pictures merupakan sofware kompresi (memperkecil) gambar yang sebelumnya berbayar (seharga $34.95) yang kini bisa kita dapatkan GRATIS (menjadi Freware). Fitur-fitur FILEminimizer Pictures Sesuai dengan namanya, sofware ini berfungsi memperkecil ukuran file (kompresi) gambar atau foto. Fitur-fitur utamanya antara lain: Mampu memperkecil gambar sampai 98% (untuk gambar tertentu) Memperkecil file gambar/foto yang berformat JPG, BMP, GIF, TIFF, PNG, dan EMF Pack & Go, optimasi ukuran file dan langsung mengirim melalui email. Facebook Integration, kompres gambar dan upload langsung ke Facebook Search Wizard, mencari dan kompres file di PC dan jaringan Bisa memilih 4 tingkat level kom

Hindarkan Control Panel dari Orang Jahil

  Takut Control Panel di salah gunakan KUNCI AJA !!!!! Anda mungkin pemilik rental atau komputer yang biasa di gunakan lebih dari satu orang, biasanya ada saja yang selalu iseng untuk mengubah tatanan atau susunan dari control panel kita apalagi kalo perubahan itu ditujukan untuk menjahili kita, pasti hal itu membuat jengkel ya gak???? Apabila itu sering terjadi di komputer anda maka ada baiknya di kunci aja tuh control panelnya, gampang toh..... Tapi masalahnya apakah anda sudah tau cara mengunci control panel????? biasanya disitu masalah utamanya hehehe.... (sok pinter aja). Bukannya sok pinter tapi seorang pemula yang mau berbagi pengetahuan aja ok. Berikut tips untuk mengunci control panel di komputer anda : 1.Jalankan start menu, piih run lalu ketik "regedit" (tanpa tanda " ok) 2. Masuk ke sub key     HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}\InProcServer32 3. Klik ganda data string ([Default]) dan ganti isinya selain shell32.dll.