Langsung ke konten utama

Kesan Pertama Menggunakan Elementary OS


Elementary OS
Migrasi dari Windows ke Linux tidaklah sesulit seperti yang saya bayangkan, karena sekarang banyak sekali distro linux yang tersedia. Baik itu yang mirip dengan Windows maupun dengan MacOS. Awalnya saya pertama kali mencoba linux saya menggunakan Linux Mint yang dari segi tampilan hampir mirip dengan Windows, tetapi begitu melihat tampilan dari distro linux yang satu ini saya tertarik untuk mencoba, dan akhirnya saya mencoba Elementary OS yang pada dasarnya berbasis Ubuntu LTS.


Elementary OS

Ulasan Singkat Elementary OS

Pertama kali Elementary OS ini dirilis pada tahun 2011, bernama Jupiter (merupakan Elementary OS 1) yang berbasis Ubuntu 10.10 awal mulanya sebgai theme dan aplikasi untuk Ubuntu, namun pada akhirnya berubah menjadi Linux distro tersendiri yang mengusung user-interface bisa dibilang mirip dengan MacOS.

Sekilas mirip dengan MacOS bukan berarti Elementary OS menjiplak, bisa dibilang Elementary OS ini terinspirasi karena model tampilan ini memang terbukti memberikan user-experience yang mudah untuk dimengerti. Developer dari Elementary OS ini mengusung konsep tersendiri pada produk mereka yaitu: ringkas, menghindari konfigurasi, dan meminimalkan dokumentasi. Bisa dibilang konsep yang mereka usung ini bertujuan untuk memanjakan pengguna, para pengguna Elementary OS bisa langsung menggunakan dan mengerti tanpa perlu banyak belajar.

Elementary OS berbasis Ubuntu memberikan nilai tambah yaitu hampir semua repository yang ditujukan untuk Ubuntu bisa berjalan dengan baik di Elementary OS. Menggunakan Ubuntu LTS version semenjak Elementary OS 0.2 (Luna) hal ini membuat setiap versi terbaru terus mendapatkan update rutin dan peningkatan keamanan setidaknya selama 2 tahun.

Kekurangan satu-satunya yang dimiliki oleh Elementary OS adalah kurangnya pilihan untuk kostumisasi. Tapi menurut penulis hal ini sudah tergantikan dengan tampilannya yang sudah "CANTIK".

Menjadi pengguna Windows selama bertahun-tahun sama sekali tidak membuat saya kesulitan yang berarti dalam menggunakan Elementary OS. Semua user-interface terasa biasa dan begitu mudah.



Steam On Linux



GAME DI ELEMENTARY OS??? 

Bermain game di Elementary OS??? kenapa tidak. Walaupun tidak sebanyak game di OS Windows, Elementary OS masih bisa kok untuk bermain game menggunakan "STEAM". Hal ini pula yang menjadi pertimbangan saya untuk memilih Linux. Steam memungkinkan game yang sudah saya miliki bisa dimainkan di semua platform yang tersedia untuk game tersebut. Jadi, walaupun hampir seluruh game saya di Steam dibeli saat menggunakan windows, beberapa game yang masih bisa berjalan di Linux tetap saya bisa mainkan tanpa harus membayar lagi.

Hampir semua game yang dirilis oleh Valve seperti Team Fortress 2, DOTA 2, Payday 2 dan CS GO bisa berjalan di Linux. Sementara game yang lama seperti Borderlands 2, Metro 2033 dan Rocket League dapat berjalan tanpa ada isu.

Untuk saya sendiri tidak begitu suka menggunakan PlayOnLinux ataupun Wine, dikarenakan rumit dan biasanya kurang memberikan performa yang bagus.



BAGAIMANA DENGAN DRIVER???

Biasanya pada saat kita memikirkan untuk hijrah dari OS Windows ke Linux adalah mengenai driver terutama driver GPU. Untungnya, Elementary OS memiliki AppStore yang langsung secara otomatis mendeteksi GPU yang saya gunakan dan memberikan pilihan driver yang bisa digunakan.

Driver yang terpenting kedua adalah Printer yang saya gunakan, dengan banyaknya forum dan diskusi sehingga mempermudah kita dalam mencari solusi mengenai masalah serupa baik untuk Ubuntu maupun Elementary OS.



KESIMPULAN...

Elementary OS merupakan distro Linux berbasis Ubuntu yang paling "menawan" yang pernah saya install. Tampilannya yang terinspirasi dari MacOS terasa begitu natural dan mudah, namun minim dalam hal kostumisasi. Karena basisnya adalah Ubuntu maka sistem operasi ini memiliki akses ke berbagai fitur dan aplikasi yang tersedia untuk Ubuntu. Saya kira itu saja kesimpulan yang bisa saya sampaikan selama menggunakan Elementary OS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Akar Pangkat 3 dari Sebuah Bilangan

Cara Mencari Akar Pangkat 3 Sebelum kita belajar mengenai Akar bilangan pangkat tiga, tentunya harus terlebih dahulu  mengenal (seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, halah…..) tentang bilangan berpangkat tiga. Apa sebenarnya definisi dari Bilangan Berpangkat itu sendiri, Bilangan Berpangkat merupakan perkalian berulang dari bilangan tersebut, hal itu juga berlaku di bilangan berpangkat tiga. Jadi Bilangan Berpangkat Tiga adalah Perkalian dari bilangan itu sebanyak tiga kali. Untuk lebih memperjelasnya admin mencoba untuk memberikan contoh: 2 3 artinya ada faktor 2 sebanyak tiga kali atau dalam bentuk kalimat matematikanya 2 X 2 X 2 = 8 3 3 artinya ada faktor 3 sebanyak tiga kali atau dalam bentuk kalimat matematikanya 3 X 3 X 3 = 27 Arti dari 2 3   = 8, dan dibaca Pangkat tiga dari 2 sama dengan 8. Angka delapan adalah hasil dari perpangkatan tiga yang lazim disebut juga bilangan Kubik. Jadi 3 adalah akar pangkat tiga dari 27. Dalam menentukan ni

Sofware Gratis Untuk Kompresi Gambar - Gunakan FILEminimizer Picture

Jika kita mempunyai koleksi gambar atau foto yang sangat banyak, ukuran file yang terlalu besar mungkin bisa menjadi masalah. Selain memenuhi hardisk, jika kita sering upload gambar ke internet, ukuran gambar yang terlalu besar bisa menyebakan upload gambar dan loading sangat lambat. FILEminimizer Pictures merupakan sofware kompresi (memperkecil) gambar yang sebelumnya berbayar (seharga $34.95) yang kini bisa kita dapatkan GRATIS (menjadi Freware). Fitur-fitur FILEminimizer Pictures Sesuai dengan namanya, sofware ini berfungsi memperkecil ukuran file (kompresi) gambar atau foto. Fitur-fitur utamanya antara lain: Mampu memperkecil gambar sampai 98% (untuk gambar tertentu) Memperkecil file gambar/foto yang berformat JPG, BMP, GIF, TIFF, PNG, dan EMF Pack & Go, optimasi ukuran file dan langsung mengirim melalui email. Facebook Integration, kompres gambar dan upload langsung ke Facebook Search Wizard, mencari dan kompres file di PC dan jaringan Bisa memilih 4 tingkat level kom

Hindarkan Control Panel dari Orang Jahil

  Takut Control Panel di salah gunakan KUNCI AJA !!!!! Anda mungkin pemilik rental atau komputer yang biasa di gunakan lebih dari satu orang, biasanya ada saja yang selalu iseng untuk mengubah tatanan atau susunan dari control panel kita apalagi kalo perubahan itu ditujukan untuk menjahili kita, pasti hal itu membuat jengkel ya gak???? Apabila itu sering terjadi di komputer anda maka ada baiknya di kunci aja tuh control panelnya, gampang toh..... Tapi masalahnya apakah anda sudah tau cara mengunci control panel????? biasanya disitu masalah utamanya hehehe.... (sok pinter aja). Bukannya sok pinter tapi seorang pemula yang mau berbagi pengetahuan aja ok. Berikut tips untuk mengunci control panel di komputer anda : 1.Jalankan start menu, piih run lalu ketik "regedit" (tanpa tanda " ok) 2. Masuk ke sub key     HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}\InProcServer32 3. Klik ganda data string ([Default]) dan ganti isinya selain shell32.dll.